Mengenal Lokasi Pembuatan Film Laskar Pelangi, SD Gantong

Inilah 5 Fakta Menarik

Mengenal Lokasi Pembuatan Film Laskar Pelangi, SD Gantong. Salah satu lokasi pembuatan film Laskar Pelangi yang mengambil banyak take, yaitu SD Muhammadiyah Gantong, tempat para tokoh menempuh pendidikan. Hanya memiliki siswa sebanyak sepuluh orang dalam satu kelas, SD ini menjadi sejarah tersendiri.

Untuk menunjang pengambilan film, maka dibuatlah replika SD Gantong yang sangat mirip dengan SD aslinya. Replika SD Gantong yang dibuat dalam film memang tidak sama seperti aslinya. Bangunan yang asli tentu sudah habis dan lapuk.

Diceritakan dalam novel SD Gantong merupakan bangunan dengan kayu sebagai komponen utamanya. Namun secara umum replika bangunan SD Gantong dibuat semirip mungkin seperti aslinya tempat Laskar Pelangi belajar bersama. Hingga pembuatan film selesai, lokasi pembuatan film Laskar Pelangi tetap menjadi ramai.

Karena banyak wisatawan yang tertarik melihat lokasi secara langsung. Replika SD Gantong pun mengalami beragam perkembangan untuk saat ini. Bahkan karena adanya berbagai kejadian, replika SD Gantong pun sempat berpindah-pindah. Penasaran bagaimana perkembangan SD Gantong yang asli hingga menjadi objek wisata?

Mengenal Lokasi Pembuatan
Mengenal Lokasi Pembuatan

SD Muhammadiyah Gantong yang Asli

SD Muhammadiyah Gantong yang asli memang sudah ambruk dan sudah tidak berfungsi. Lokasinya dahulu berada tidak jauh dari lokasi dibuatnya replika sekolah untuk keperluan syuting film. Dibuat dari papan kayu, SD Muhammadiyah Gantong yang asli memang reyot dan tidak berkeramik.

Kesepuluh siswa Laskar Pelangi bersekolah di sekolah ini yang berada di pedalaman pulau Belitong. Untuk keperluan pembuatan film, lokasi pembuatan film Laskar Pelangi memang dibuat di lokasi yang tidak jauh berbeda dengan aslinya karena sekolah yang asli memang sudah tidak ada.

Di lokasi tempat SD Muhammadiyah Gantong dahulu berdiri, kini sudah berganti bangunan. Lokasi SD Muhammadiyah Gantong yang asli kini sudah berganti menjadi SMP Muhammadiyah. Pembuatan SD Muhammadiyah Gantong replika memiliki perbedaan dengan yang aslinya. Bahan bangunan memang beberapa dibuat seperti asli.

Namun kayu penyangga yang dibuat pada film ternyata lebih kecil dibanding aslinya. SD Muhammadiyah Gantong yang asli memang disangga kayu besar pada bagian dinding agar tetap kokoh.

Mengenal Lokasi Pembuatan
Mengenal Lokasi Pembuatan

Replika SD Gantong

Untuk keperluan pengambilan film, maka lokasi pembuatan film Laskar Pelangi dirubah dari versi cerita aslinya. Replika SD Gantong saat itu dibuat di halaman sekolah SDN 9 Gantong. Agar tidak mengganggu kegiatan pembelajaran para siswa, maka di sekeliling replika SD Muhammadiyah Gantong dibuat pagar kayu yang tinggi.

Setelah proses pembuatan film Laskar Pelangi sudah selesai, bangunan kemudian dirobohkan. Karena banyak yang mengunjungi dan tertarik dengan replika SD Gantong, maka dibangunlah replika SD Muhammadiyah gantong di kantor desa Selinsing pada halaman belakang. Karena beberapa alasan, kemudian replika di lokasi ini tidak dipakai lagi.

Kemudian replika SD Gantong kembali dibuat tidak jauh lokasi pembuatan film Laskar Pelangi, yaitu di wilayah Bukit Raya. Bangunan replika inilah digunakan sebagai wisata saat ini. Memiliki dinding kayu berwarna putih biru, replika sekolah ini tetap berkesan bagi para penggemar film Laskar Pelangi.

Mengenal Lokasi Pembuatan
Mengenal Lokasi Pembuatan

Anda tetap dapat merasakan atmosfer perjuangan, kenangan, canda tawa serta momen mengharukan di sini. Karya novel dan film dari kisah nyata Andrea Hirata dan kawan-kawan memang berkesan karena menceritakan perjuangan, cita-cita dan persahabatan.

Tidak hanya cerita dan nilai kehidupan di dalamnya yang menjadi populer, pulau Belitung kini menjadi destinasi wisata Laskar Pelangi. Beberapa objek yang berada di lokasi pembuatan film Laskar Pelangi kini menjadi tujuan wisata berupa replika lokasi yang mirip aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *