4 Pencapaian Internasional Penulis Film Laskar Pelangi yang Membanggakan

Pengaruh

4 Pencapaian Internasional Penulis Film Laskar Pelangi yang Membanggakan. Tidak dapat dipungkiri bila nama penulis film Laskar Pelangi telah berhasil dikenal oleh semua orang di seluruh dunia. Tentu saja hal ini sangat membanggakan sekali, mengingat hanya beberapa penulis Indonesia yang berhasil berkiprah di kancah internasional. Pramoedya Ananta Toer adalah salah satu contoh penulis terkenal.

Beliau telah berhasil mendapatkan nobel sastra. Selain itu, masih ada lagi Eka Kurniawan yang berhasil unggul di ajang Booker Prize. Ada lagi penulis lainnya yang mulanya tidak begitu populer dan sekarang menjadi luar biasa. Dia adalah Andrea Hirata yang mana memulai karirnya dengan menulis novel.

Novel yang berhasil dibuatnya berjudul Laskar Pelangi pada tahun 2015. Novel berbentuk semi autobiografis ini berhasil memberikan inspirasi hingga ratusan ribu pembacanya. Bahkan kepopulerannya semakin meningkat sejak novel tersebut dijadikan film oleh Riri Riza. Itulah sebabnya Laskar Pelangi dijadikan sebagai buku paling berpengaruh di Nusantara.

Menariknya lagi adalah ternyata prestasi penulis film Laskar Pelangi ini tidak hanya harum di nusantara saja. Namun namanya berhasil dikenal hingga ke negeri orang. Bahkan hampir setiap edisi terjemahannya masuk ke dalam best seller. Di bawah ini adalah deretanĀ  pencapaian internasional yang berhasil diraih Andrea.

4 Pencapaian Internasional
4 Pencapaian Internasional

Diterjemahkan Banyak Bahasa

Salah satu pencapaian yang cukup menakjubkan dari Andrea adalah novelnya berhasil diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. Dari novel Laskar Pelangi itulah menjadikan Andrea Hirata sukses dikenal menjadi go internasional. Banyak orang luar negeri penasaran dengan hasil tulisannya.

Edisi novel Laskar Pelangi bahasa Inggris diterjemahkan oleh Angie Kilbane di Amerika Serikat. Karya penulis film Laskar Pelangi ini diterbitkan oleh Straus, Farrar, dan Giroux yang terletak di New York. Selain itu, novel Laskar Pelangi juga diterbitkan di Kanada, Inggris, dan Australia.

4 Pencapaian Internasional
4 Pencapaian Internasional

Meraih Penghargaan Dunia

Penulis film Laskar Pelangi berhasil dalam banyak hal. Salah satunya karyanya bisa memikat semua orang dari berbeda suku, ras, budaya. Hal ini membuktikan bahwa kisahnya bersifat universal sekalipun menggunakan background khas Belitung di Sumatera yang jelas berbeda dari lainnya.

Lebih menariknya lagi adalah ternyata yang terpikat tidak hanya masyarakat umum saja. Namun banyak pemerhati, pengamat, dan industri perbukuan bertaraf internasional juga tertarik dengan karya Andrea tersebut. Itulah sebabnya di tahun 2014 yang lalu karyanya dikategorikan sebagai vintage oleh sastrawan dari Timur Tengah.

4 Pencapaian Internasional
4 Pencapaian Internasional

Mendapat Beasiswa dan Gelar Dokter di Luar Negeri

Setiap pecinta Laskar Pelangi tentunya sudah tahu bila kisah ceritanya membahas tentang seseorang yang ingin meraih mimpinya supaya bisa kuliah di luar negeri. Beruntungnya, mimpi itu akhirnya terwujud di Universitas Sorbonne, Prancis. Sementara itu di dunia nyata, Andrea juga menempuh pendidikan kuliah di Sorbonne.

Selanjutnya penulis film Laskar Pelangi ini juga menempuh pendidikan di Sheffield Hallam University untuk mendapatkan gelar master. Petualangannya tidak berhenti disitu saja, dirinya juga mendapat beasiswa pendidikan sastra di University of Iowa, Amerika Serikat. Hal ini membuktikan bahwa dirinya memang brilliant karena berhasil meraih banyak penghargaan.

Menulis dengan Sastrawan Internasional

Sejak Laskar Pelangi berhasil mendunia, Andrea semakin dikenal oleh semua orang. Dia berhasil menjadi seorang duta sastra Indonesia dan sejajar dengan sastrawan dunia yang berhasil mendapatkan Nobel. Bahkan di tahun 2011, dirinya berhasil lolos majalah sastra terkenal di Amerika terbitan Winter/Spring.

Itulah deretan penghargaan yang pernah didapatkan oleh penulis Laskar Pelangi bertaraf internasional yang membanggakan. Tentunya pencapaian yang didapatkan tersebut tak lepas dari kerja kerasnya selama ini. Tak heran bila kemudian setelah dirilis, penulis film Laskar Pelangi ini berhasil mendapatkan 4 penghargaan bertaraf internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *